Top Ad unit 728 × 90

Indahnya Bersedekah


KOLOM YAYASAN

Bpk. H. Aziz
Pembina Yayasan Aqsho
Sidoarjo
Al-Hamdulillah, 
segala puji milik Allah atas segala nukmat-Nya kepada kita, yang zahir maupun batin. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada baginda Rasulillah, Shallallahu’Alaihi Wassalam beserta keluarga dan para sahabatnya.
Secara harfiyah, sedekah berasal dari kata shadaqa yang artinya benar. Sedekah adalah pemberian atau perlakuan dari seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlahnya sebagai bentuk kebajikan dalam rangka mengharap ridha Allah swt. Dari penjelasan seperti ini, sedekah dapat kita pahami sebagai bukti kebenaran iman dalam berbagai bentuk perbuatan baik, hal ini karena iman harus selalu dibuktikan dengan amal shaleh atau amal yang baik sehingga setiap kebaikan yang dilakukan seorang muslim adallah sedekah.

Karena sedekah menjadi bukti kebenaran iman seseorang, maka setiap kita yang telah mengaku sebagai muslim harus bersedekah sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masing, bahkan melakukannya harus sesegera mungkin dalam arti jangan suka ditunda-tunda, hal ini karena bisa jadi kita tidak sempat lagi bersedekah karena sudah wafat, apalagi soal kapan kita mati sama sekali tidak ada di antara kita yang mengetahuinya atau kita mau bersedekah tapi tidak ada orang yang memerlukannya.

Keharusan untuk segera bersedekah juga ditegaskan oleh Rasulullah Saw dalam hadistnya yang lain sehingga jangan sampai seseorang baru mau sedekah ketika ruh sudah mau sampai di tenggorokan.
Sedekah memiliki banyak keutamaan dengan nilai yang besar dalam pandangan Allah Swt dan Rasul-Nya. Diantaranya, Pertama, dapat menghindarkan seseorang dari neraka meskipun hanya sedikit yang bisa disedekahkannya, bukan bukan kikir tapi memang ia tidak mampu bersedekah dalam jumlah yang banyak, bahkan seandainya ia tidak punya apa-apa iapun bisa melakukannya dengan berbicara yang baik. Kedua, memperoleh pahala yang besar, karena pahala suatu amal yang baik seringkali dilipatgandakan, bahkan bila sedekahnya dalam bentuk wakaf, maka pahalanya bisa terus mengalir meskipun pelakunya sudah wafat. Ketiga,dapat mendatangkan rizki sebagai balasan langsung dari Allah Swt atas sedekah yang dikeluarkannya, ini merupakan suatu keberkahan baginya. Keempat, sedekah menjadi naungan bagi yang melakukannya pada hari kiamat, sehingga kebaikan yang  dilakukan seseorang dalam hidupnya di dunia ini akan menjadi penolong baginya dalam kehidupan di akhirat kelak.

Mengingat begitu besar keutamaan pahala bersedekah  yang dijanjikan oleh Allah Swt, maka kita sebagai hamba-Nya yang bertaqwa untuk selalu melakukan amalan sedekah, seperti yang telah dicontohkan oleh kehebatan Saiyidina Umar Al-Khattab yang bersedekah separuh hartanya dan lebih hebatnya lagi sedekahnya Saiyidina Abu Bakar As-Siddiq yang bersedekah dengan seluruh hartanya. Imam Muslim meriwayatkan “Tidak akan dikurangi harta dengan sebab bersedakah, Allah akan tidak menambah kemampuan seseorang hamba melainkan seseorang itu ditambahkan dengan kemuliaan. Tidaklah seseorang itu merendahkan diri karena mengharapkan keridhaan Allah melainkan akan diangkat derajatnya”.

Dari pengertian dan penjelasan di atas kita bisa memahami bahwa setiap muslim harus bersedekah karena hal itu bisa dilakukan dengan segala bentuk kebaikan, bukan hanya dilakukan dengan harta. Wallahu’alam Bishshowab.

Indahnya Bersedekah Reviewed by Aqsho Sidoarjo on 20.38.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Aqsho Sidoarjo © 2015 - 2016
Designed by JOJOThemes

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.